KATA PENGANTAR
Puji serta syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk kesuksesan BQ Islamic Boarding School. Shalawat serta salam juga kami curahkan kepada junjungan besar kita, suri tauladan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Dengan bangga kami mempersembahkan laporan proyek siswa BQ Islamic Boarding School ini yang mengungkapkan proses Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual (DKV). Laporan proyek siswa ini merupakan hasil dari upaya kolaboratif dan dedikasi dari seluruh tim proyek siswa BQ Islamic Boarding School.
Dalam laporan ini, kami akan menguraikan Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual oleh siswa. Kami juga akan membahas detail pembuatan yang kami terapkan dalam membuat Presentasi tersebut.
LATAR BELAKANG
Dalam era di mana teknologi digital semakin berkembang dan telah menjadi kebutuhan penting dalam setiap aspek kehidupan kita. Penggunaan Elemen Visual dalam penerapan adalah aspek yang sangat penting. Berdasarkan pemahaman akan kebutuhan media yang terus berkembang, elemen visual berperan penting dalam menyampaikan informasi.
Pemilihan proyek ini didasari akan pentingnya desain komunikasi visual. Selain itu, pemilihan proyek ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari dan mendalami sejarah, prinsip-prinsip desain dan elemen yang terkandung di dalamnya.
Kami percaya bahwa dengan pembuatan proyek dan praktik secara langsung ini dapat mempercepat proses kami dalam mempelajari sejarah DKV secara maksimal. Kami melihat tema proyek ini sebagai langkah yang optimal untuk memperbanyak pengalaman bagi siswa BQ Islamic Boarding School.
PEMILIHAN PROYEK
Pemilihan proyek ini memiliki alasan sebagai berikut:
- Sebagai proses belajar dengan melalui pengalaman praktik secara langsung.
- Untuk mengetahui sejarah desain komunikasi visual.
- Merupakan proyek siswa untuk memenuhi nilai uji kompetensi Quality Curriculum
Dengan demikian, memilih proyek dengan tema Membuat Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual bukan hanya sebagai sarana pembelajaran. Tetapi juga merupakan langkah yang relevan dan tepat untuk meningkatkan skill individu dan bekerjasama dalam kelompok untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
PENGERTIAN PROYEK
Proyek siswa BQ Islamic Boarding School merupakan pembelajaran berbasis praktik dengan memanfaatkan media dan pengalaman secara langsung. Melalui metode pembelajaran ini, kegiatan belajar mengajar siswa BQ Islamic Boarding School bukan hanya dilaksanakan di dalam kelas. Tetapi melalui pendalaman materi secara langsung dalam bentuk proyek sebagai sarana pembelajaran.
Fokus dalam proyek siswa BQ Islamic Boarding School ini adalah bertujuan agar setiap peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat. Serta keterampilan melalui proses perencanaan dan perancangan proyek dengan terlibat secara langsung.
Dengan demikian, pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta didik sebagai proses dalam menggali minat dan bakat untuk masa depan.
TUJUAN DAN TARGET PROYEK
Tujuan dari proyek siswa BQ Islamic Boarding School, antara lain:
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.
- Memahami sejarah desain komunikasi visual secara mendalam.
- Memperoleh keterampilan baru dalam pembelajaran serta meningkatkan pola fikir peserta didik yang lebih aktif melalui produk yang nyata.
Target dari proyek siswa BQ Islamic Boarding School, antara lain:
- Dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.
- Dapat Memahami sejarah desain komunikasi visual secara mendalam.
- Dapat memperoleh keterampilan baru dalam pembelajaran serta meningkatkan pola fikir peserta didik yang lebih aktif melalui produk yang nyata.
MANFAAT PROYEK
Beberapa manfaat dari pembelajaran berbasis proyek siswa BQ Islamic Boarding School antara lain sebagai berikut:
- Pembelajaran berbasis proyek sebagai media publikasi dalam karya ilmiah oleh siswa BQ Islamic Boarding School.
- Pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
- Pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan potensi peserta didik seperti keterampilan berkomunikasi, bekerja dalam kelompok, pertukaran informasi dan evaluasi peserta didik.
PEMBAHASAN PROYEK
Desain Komunikasi Visual adalah salah satu elemen penting dalam dunia media dan periklanan. Untuk menciptakan desain yang efektif, penting untuk memahami elemen-elemen dasar yang membentuk komunikasi visual. Dalam artikel ini, kita akan membahas perjalanan singkat sejarah desain komunikasi visual beserta contohnya.
Sejarah
Perkembangan desain grafis tidak bisa terlepas dari perkembangan sejarah seni rupa. Berdasarkan penemuan sejarah, komunikasi visual yang paling tua di dunia adalah lukisan gua yang ditemukan di Lascaux pada tahun 15.000-10.00 SM, di Prancis.
Salah seorang yang paling berpengaruh dalam sejarah perkembangan desain grafis adalah Henry Cole di Inggris. Henry Cole meyakinkan pemerintah betapa pentingnya penggunaan desain grafis dalam jurnal. Kemudian Henry Core mengadakan The Great Exbitions untuk merayakan munculnya teknologi industri modern.
Seiring perkembangan desain grafis, penggunaan desain grafis sebagai media visual telah mengalami perubahan yang panjang. Desain grafis kini tidak hanya berlaku dalam lukisan. Melainkan segala bentuk visual di kehidupan kita memiliki unsur dan elemen grafis.
Bapak DKV Dunia
Sejarah perkembangan desain grafis, tak lepas dari peran Johannes Gutenberg. Lahir di kota Mainz, Jerman, Johannes Gutenberg dikenal sebagai bapak desain grafis dunia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan, Johannes Gutenberg adalah seorang penemu dan pandai logam.
Pada tahun 1450-an, Johannes Gutenberg berhasil menemukan mesin cetak pertama di dunia. Dengan menggunakan timah hitam, Johannes Gutenberg untuk pertama kali membuat sebuah acuan huruf logam tulisan aksara latin. Kemudian Johannes Gutenberg membuat mesin cetak bergerak untuk mulai mencetak. Mesin cetak itulah penemuan terbesar Johannes Gutenberg seorang ilmuan besar, bapak desain grafis dunia.
ANALISIS PROYEK
Strength
Kekuatan dari proyek ini adalah terletak pada hasil dari Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual oleh seluruh siswa. Selain itu, Pembuatan Presentasi Elemen Desain Komunikasi Visual ini juga dapat menambah wawasan secara mendalam.
Weakness
Kelemahan dari proyek ini adalah memerlukan keterampilan dan pengalaman yang baik. Tidak hanya keterampilan dalam mengolah membuat desain, tetapi life skill juga yang menjadi dasar keberhasilan dalam pembuatan proyek ini.
Oportunity
Peluang dari proyek ini adalah memungkinkan siswa BQ Islamic Boarding School untuk Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual secara mandiri. Sehingga dapat bermanfaat bagi siswa di masa yang akan datang.
Treath
Ancaman dari proyek ini adalah dari koneksi jaringan internet. Karena pembuatan proyek ini menggunakan aplikasi Canva yang membutuhkan jaringan internet yang stabil.
PEMBUATAN PROYEK
Media
Dalam proses pembuatan proyek Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual, harus memiliki gear sebagai media dan alat pendukung lainnya. Diantara alat yang digunakan sebagai media pembuatan proyek tersebut adalah:
- Laptop
- Modul Pembelajaran
- Canva
Cara Pembuatan
Pertama, proyek ini diawali dengan pemahaman Fundamental Desain Komunikasi Visual oleh seluruh siswa.
Kedua, pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual dikerjakan oleh seluruh siswa BQ Islamic Boarding School.
Ketiga, seluruh siswa merangkum materi dengan tema Sejarah Desain Komunikasi Visual.
Keempat, seluruh siswa mulai membuat desain yang menarik menggunakan Canva.
Tahap akhir, mengulang kembali dan memastikan materi yang sudah dibuat telah sesuai dan siap untuk dipresentasikan di depan kelas.
Dengan adanya proyek Pembuatan Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual ini, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat. Pembuatan proyek besar ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dan bimbingan dari guru pembimbing.
Berikut adalah hasil dari Presentasi Sejarah Desain Komunikasi Visual, oleh seluruh siswa BQ Islamic Boarding School:
- Abdurrachman Ahnaf Mulyawan. Klik di sini
- Ahmad Fakhri Ruwayfi. Klik di sini
- Akram Ammar Ariban. Klik di sini
- Althafariq Mikail Sandika. Klik di sini
- Alvino Rizky Riyansyah. Klik di sini
- Andika Naufal Ardana. Klik di sini
- Arjun Ferris Ramadhan. Klik di sini
- Arka Yudhistira. Klik di sini
- Aryasatya Nerazzurri Utama. Klik di sini
- Bilal Dhafin Hibatullah. Klik di sini
- Daffa Arya Sucipto Putra. Klik di sini
- Falih Dhiya Sutisna. Klik di sini
- Fikri Aly Amades. Klik di sini
- Firza Alkatiri. Klik di sini
- Ghazian Ahmad. Klik di sini
- Gimbo Raflesia. Klik di sini
- Harlan Raiyo. Klik di sini
- Jovaldo Azkamura Mantiri. Klik di sini
- Kanz Farras Naafi. Klik di sini
- Muhammad Aqeela Javas Nararya. Klik di sini
- Muhammad Fadil. Klik di sini
- Muhammad Faisal Farhan. Klik di sini
- Muhammad Farhan Siregar. Klik di sini
- Muhammad Ghathfan Raviansyah. Klik di sini
- Muhammad Ilham Rahmat Sukarno. Klik di sini
- Muhammad Irfan Sidqi. Klik di sini
- Muhammad Naufal Rizqullah. Klik di sini
- Muhammad Nizham Romadhoni. Klik di sini
- Rendra Ghaisany Althaf. Klik di sini
- Reyhan Abiyu Dzaki. Klik di sini
- Richie Al Farabi. Klik di sini
- Rifky Emeraldy Putra. Klik di sini
- Umar Hassan Nurhaffidz Salmun. Klik di sini
- Umar Maulana Azzam. Klik di sini
- Yafi Arkan Fahhama. Klik di sini